8 Kebiasaan Berbahaya Yang Bisa Menyebabkan Depresi

8 Kebiasaan Berbahaya

Seperti yang telah kita tahu, Depresi adalah sebuah fenomena yang disebabkan dari berbagai peristiwa negatif yang telah kita alami. Dengan begitu akan membuat kita merasa sedih, murung. Ada berbagai macam penyebab depresi yang kebanyakan orang mengabaikanya. Kita tidak sadar bahwa hal tersebut bisa mempengaruhi kualitas hidup kita.

Jadi, jika anda merasakan kesedihan yang tidak dapat dijelaskan, merasa jenuh dengan pikiran negatif yang terus menerus atau memiliki sejumlah gejala lain yang menampakan bahwa anda saat ini mengalami depresi.

Untuk itu, 8 Kebiasaan harian yang memiliki efek buruk pada pikiran kita ini harus segera di jahui.


1. Terlalu Over Menggunakan Tekhnologi

Smartphon, Tablet, Tv, Komputer, semuanya memang menyenangkan. Dan, bisa membantu kita menemukan berbagai macam informasi kapan pun dan dimana pun.

Namun, sebuah penelitian di University Of Michigan, Menunjukan bahwa berbagai macam media bisa menyebabkan depresi.

Munculnya gejala-gejala ini disebabkan oleh benerapa fakta yaitu seperti menonton tv berlebihan, membaca berita secara berlebihan dapat berdampak pada otak yang terlalu banyak informasi dapat menyebabkan kinerja otak kurang baik, dan akhirnya bisa menimbulkan depresi.

2. Gizi Buruk

Bukan suatu rahasia lagi, bahwa kebiasaan diet kita memiliki dampak secara langsung pada kesehatan kita secara keseluruhan. Fokus diet namun kuramg prihatin terhafap makanan juga tidak bagus untuk kesehatan.

Karena sejatinya, makanan juga memiliki kekuatan khusus untuk mengubah suasana hati kita.

3. Sering Tidur Larut Malam

Ini yang terkadang sangat sulit untuk kita tinggalkan, terlalu nyaman untuk bermain smartphon, ngegame, meninton film, menghabiskan waktu  di kafe atau warung kopi.

Namun, sebuah penelitian di Universitas Binghamton menemukan bahwa keesokan paginya mungkin akan lebih buruk daripada apa yang kita harapkan ketika memilih untuk tidur lebih larut malam.

Kurang tidur yang berlebihan bisa mengganggu fungsi otak secara berlebihan, bisa merusak perhatian, komsentrasi, dan memori. Jadi, terlalu lelah karena kurang tidur bisa menyebabkan frustasi, depresi. Dan, bisa menimbulkan kecemasan yang lebih kuat.

5. Terlalu Banyak Menghabiskan Waktu di Perkotaan Yang Sibuk dan Sesak

Kehidupan di kota memang memiliki banuak keuntungan, seperti kedekatan dengan banyaknya restoran, ketersediaan berbagai fasilitas publlik, kehidupan malam yang semarak, banyak puang pekerjaan, dan masih banyak lagi. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 di Institut Kesehatan Mental di Universitas Heidelberg, menemukan bahwa pola kehidupan cepat dan brisik seperti di perkotaan besar juga dapat menciptakan banyak tekanan mental.

Yang dimaksudkan adalah mengenai gejala-gejala kecemasan, depresi. Jadi, terlepas dari kenikmatan kota besar cobalah untuk lebih banyak menikmati waktu anda di taman, atau di pedesaan yang suasananya terhubung langsung dengan alam sambil menikmati keindahan alam.

6. Mengisolasi diri sendiri untuk waktu yang lama

Setelah seharian sibuk bekerja, wajar saja jika kita merasa perlu untuk mengisolasi diri kita sendiri untuk mendapatkan kedamaian dan ketenangan yang kita inginkan setiap hari.

Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa ada banyak manfaat ketika kita memiliki banyak waktu untuk mengisolasi diri karena hal itu akan memungkinkan kita untuk menyelesaikan masalah lebih efisien.

Namun demikian, dianjurkan agar kebiasaan ini tidak berlebihan, dan psikolog Klinis Susan Heitler juga memperingatkan terhadap munculnya gejala depresi dan kecemasan secara bertahap jika sesorang tidak berhati-hati.

Dia mengatakan bahwa sebagian dari upaya kita untuk menghadapi tantangan sehari-hari adalah dengan memperkuat persahabatan yang ada dan menciptakan hubungan baru yang bisa mungkin untuk kita jadikan teman berbagi dan mengekspresikan perasaan kita.

7. Tidak Ada Kegiatan

Meskipun kita semua suka diam di depan layar Tv, atau sekedar bermain smartphon dari waktu ke waktu, dan tentunya kita juga ingin bersenang senang dalam berbagai kegiatan dan hobi.

Menurit Dr. Heitler, melakukan tugas yang berbeda, atau tugas yang tidak biasa kita lakukan bisa memberikan kita rasa makna, dna bisa mengalihkan kita dari pikiran negatif dan meningkatkan suasana hati secara signifikan.

8. Kurang Terkena Sinar Matahari

Dalam kehidupan kerja, perkantoran misalnya, pasti tidak akan lepas dari layar komputer selama ber jam-jam. Terkadang tanpa kita sadari, kurangnya sinar matahari dapat mengakibatkan suasana menjadi suram entah darimana asalnya.

Terlepas dari kebutuhan alami kita untuk bisa mendapatkan udara segar dan menjernihkan kepala kita, paparan sinar matahari bisa mempeecepat produksi serotonin, neurotransmitter di otak yang berperan sentral dalam regulasi emosional.

Selain itu, siang hari sangat bagus untuk merangsang produksi vitamin D dan snagat penting untuk kesehatan otak yang memungkinkan kita untuk tetap berfikir positif, tajam, dan logis.

0 Response to "8 Kebiasaan Berbahaya Yang Bisa Menyebabkan Depresi"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel