Kado Spesial Dari Simbah Fathnan, Di Hari Sepecial Admin Kopikiran

pixabay


             
   22 Februari 2019,  adalah hari yang harus berjejer dengan hal-hal yang sepecial lainya dalam memorandum biru buku harianku. Pasalnya, hari itu adalah hari dimana Saya (Admin Blogg Kopikaran) dilahirkan. Sejujurnya, bukan di 2019 saja yang sepecial dikala ulang tahunku tiba. Tahun-tahun sebelumnya juga masuk dalam katagori indah. Tetapi, di tahun ini lebih-lebih sepecial lagi.

Beberapa hari sebelum hari ini tiba, Saya sempat berkomunikasi dengan admin website Fathnan.id. Yaitu, siapa lagi kalau bukan simbah Fthnannul Muzakki yang menjadi blogger sukses cap pondokan (Pengasuh website fathnan.id). Maksud menghubungi beliau tak lain lagi untuk meminta bantuanya dalam masalah per-bloggingan.

Maklum, minimnya pengetahuan tentang ngeblog adalah palangan tersendiri yang menghadang didepan sepak terjangku di dunia blogg. Namun, itu semua bukanlah hal yang membutku harus tidak melakoni hobby mahal ini. Saya terus berusaha secara  otodidak dan sesekali meminta panduan dari beliau mbah Fathnan, yang sudah menguasai hal-hal yang bersangkutan tentang perbloggingan.

Ada beberapa masalah blog kopikiran yang tidak dapat Saya selesaikan dengan tangan Saya sendiri. Dan akhirnya sayapun harus mau tidak mau mencari bantuan pada seseorang. Dan Alhamdulillah-nya Mbah Fathnan yang dermawan mau membantu saya dalam mengatasi blog yang ulung ini.

Tetapi, apa yang saya kira malah jauh lebih  dari nyata dan kenyataannya. Beliau, memberikan bantuan lebih apa yang saya butuhkan sebelumnya. Blogg kopikiran yang Anda kunjungi saat ini, sekarang berubah menjadi blog yang akan saya jaga dan saya ramut sebagai tanda terimakasihku kepada Tuhan yang Maha Esa dan kepada mbah Fathnan yang berbahagia.

Paslnya, awal kali saya minta bantuan beliau hanyalah untuk mengatasi blog ini untuk di bagian web master. Entahlah aku kurang paham soal itu, intinya meng-upload blog kopikiran ini di web  master agar mudah terindeks di mesin telusur  seperti google dan yang lainya. Setelah masalah itu usai Sayapun sempat ditanya lagi oleh belaiu “Mau diapakan lagi ini (Blogg Kopikiran) Dor (asma laqob atau nama julukanku)?”

Sayapun menjawab “Terserah Sampean wae mbah. Kalu bisa ya di adsense sekalian” dengan emoticon orang tersenyum lebar. Tanda kalau permintaan yang satu ini adalah guyon semata. “Waduh, kalau itu harus punya akun Dor!” jawab beliau. Melihat jawaban belaiu yang seperti and abaca, Sayapun menjadi tahu kalau adsense itu juga ada akunnya, heheheh saya kira tidak. “Ya sudah mbah, tidak apa-apa. Emang, kalau membuat akun adsense apakah harus mbayar tho mbah?” maklum, saya tidak tahu apa-apa soal ini. Hanya saja tahu kalau blogger-blogger diluar sukses itu kalau sudah ada iklannya. Dan iklan didukung adanya adsense. Kurang lebinya begitu sepengetahuanku.

Namun, setelah saya bertanya yang sedemikian rupa kepada  beliau. Kontakan kami sempat berhenti. Dan sayapun juga tidak sempat menengok blogg, karena hari itu juga bertepatan dengan triyout UAMBN. Jadi, maklumlah tidak terlalu focus di blogg saat itu.


Selang beberapa hari setelah saya menyelesaikan tryout, ku sempatkan untuk menengok blogg. Dan setelah saya log in. Terenggg,,,,,,,,,, iklan sudah ada di blog kopikiran ini. Sayapun kaget “lho lho lho kok onok iklane” kata di batin saya.

Tanpa basa-basi saypun langsung men-screenshoot blog dan saya kirimkan kebada beliau mbah fathnan. Ternyata beliaulah yang mengolahnya. Dan beliaulah yang telah mendaftarkan blog kopikiran pada adsense melewati akunnya. Selain itu, juga ada perubahan dibaju blogg atau template. Dan jangan ditanya bagaimana perasaanku. Mungkin, jika Anda tahu, Anda akan melihan beribu-ribu Bungan didalam dasar hatiku.


Sesuai judul di atas, tentunya masih bersangkutan dengan hari sepecialku dan kado sepecial dari beliau. Saya sandiri tidak menyangka dan tidak mengira kalau hari jum’at tanggal 22 Februari 2019 adalah ulang tahunku. Dan saat ini telah tiba. Akupun juga tidak menyadari akan dating hari jum’at. Pasalnya saya sendiri saat itu juga buta tanggalan dan tidak tahu kalau hari juma’at adalah hari ulamg tahunku.

Saya tahu kalu hari itu adalah hari ulang tahunku juga gara-gara beliau yang mengirimkan sesuatu di lini masa akun Facebook-ku. "HBD Gador,, semoga makin jaya 😀 panjang umurnya, tak wehi kado Akun Google Adsense buat blogmu 👍. Semoga sukses,,," kurang lebihnya begitu kata beliau.

Dan sayapun baru sadar kalau hari itu juga adalah hari ulang tahunku. Namun, di ulang tahun kali ini kadonya bukan dari orang yang kucintai. Melainkan dari sosok kawan yang dulu pernah seperjuangan dikala mondok di bumi Darissulaimaniyyah. Baru kali ini aku di kasih kado oleh teman laki-laki hehehehe. Meskipun jika mbah Fathnan  tidak menganggap ini semua kado darinya, tetapi tetap saya cap dan saya anggap kalau ini adalah kado besarnya untukku.

Maka dari itu, Saya sendiri tidak dapat mengucapkan, mengutarakan, dan membalas apa-apa untuk belaiu. Mungkin hanya tawasul fatihah dan saran beliau untuk terus berkarya saja yang dapat saya lakukan. Semoga, bantuanmu di ridhoi Tuhan Yang Maha Agung. Dan apa yang kau cita-citakan ter cita-citai. Untuk, kado sepecial ini saya ucapkan banyak-banyak terimakasih Mbah. Semoga dapat ku manfaatkan semua ini. Amin…



By A. Khoirudin
BUMI PPDS KAMULAN -TRENGGALEK





1 Response to "Kado Spesial Dari Simbah Fathnan, Di Hari Sepecial Admin Kopikiran "

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel