7 Tips untuk Mengatasi Depresi dari Kehidupan

7 Tips untuk Mengatasi Depresi dari Kehidupan

Selamat datang di blog Fathnan.id | Luka luar yang muncul di tubuh kita atau setelah jatuh dari tempat sesuatu, biasanya tidak sulit untuk di obati. Namun, di sisi lain, ada luka yang tidak bisa dilihat pada tubuh, dan ini lebih sakit, lebih dalam, dan lebih menyakitkan daripada penyakit apa pun yang berdarah keluar.

Ini adalah depresi dan patah hati dua pengalaman yang tidak mudah dihadapi, bagi mereka yang melewatinya dan bagi mereka yang ada di sekitarnya. Marc Chernoff - pelatih kehidupan, mentor, dan blogger populer selama lebih dari 10 tahun, yang telah mengatasi depresi dan patah hati, serta membantu pasien yang menderita, mereka memiliki beberapa hal penting untuk dikatakan tentang koping, dan kami sangat sarankan untuk Anda membacanya!


7 Tips Mengatasi Depresi dalam Kehidupan Kita

1). Jangan Bingung. Depresi Bukanlah Patah Hati atau kesedihan Yang Mendalam

Sayangnya, diluar sana ada orang yang belum mengalami depresi yang nyata, namun mereka menyimpulkan bahwa mereka mengetahuinya dengan baik hanya karena mereka telah melalui perceraian yang buruk, diberhentikan dari pekerjaan. Misalnya, atau kehilangan seseorang yang sangat mereka sayangi.

Walaupun semua kondisi kehidupan ini dapat menyebabkan depresi, mereka tidak dengan sendirinya menciptakan depresi secara default, karena walaupun mereka membawa perasaan emosional yang sangat kuat (sebagai produk sampingan dari patah hati), depresi sebenarnya adalah perasaan kosong yang datar, hampa, dan hampir tak tertahankan, yang membuat orang dari semua perasaan, harapan atau alasan untuk hidup.

Untuk itu, patah hati atau kesedihan yang mendalam dapat menjadi katalisator depresi, tetapi itu sendiri bukanlah respons langsung terhadap situasi-situasi sulit ini, tetapi hanya perkembangan selanjutnya, dan oleh karena itu mereka harus dipisahkan dan tahu bagaimana harus ditangani.

2). Depresi bukanlah keadaan pikiran yang dipilih secara sadar atau logis

Depresi itu seperti tersesat di hutan. Hanya dengan waktu Anda mulai memperhatikan bahwa ada sesuatu yang salah, bahwa Anda telah pergi terlalu jauh dari rute yang sudah dikenal, dan Anda sekarang berada jauh di tengah semak belukar, tidak lagi dapat mengetahui di mana matahari terbit atau di mana matahari terbenam. Anda tidak memilih untuk berada di tempat Anda berada, juga tidak dapat melihat jalan keluar dari sana!

Depresi adalah salah satu kondisi emosional yang paling membuat tidak berdaya dan melelahkan yang bisa dialami seseorang, tidak diragukan lagi. Kadang-kadang itu diungkapkan dalam suatu perasaan disorientasi, kadang-kadang kehilangan harapan, kadang-kadang kurangnya akal, dan kadang-kadang bahkan rasa kematian yang mengerikan.

Tetapi dalam kasus apa pun pada tahap apa pun seseorang memilih untuk tidak mengalami depresi, dan tidak ada yang dapat "mematikan" perasaan sulit ini begitu saja, kapan saja mereka mau. Ini adalah kondisi kesadaran yang harus dihadapi, dan untuk pulih darinya, perlu untuk melangkah selangkah demi selangkah, dengan sangat hati-hati, dalam jangka waktu yang lama.

3). Dicintai selama depresi bisa menjadi beban yang besar dan itu tidak mungkin

Depresi adalah situasi di mana seseorang merasakan kesepian yang dalam dan kebutuhan akan jarak, yang menyebabkan mereka mencari isolasi. Orang yang menderita depresi akan sering merasa sangat cemas tentang perasaan mereka menjadi beban di pundak orang-orang terdekatnya, yang membuat mereka ingin lebih mengisolasi diri mereka sendiri dan bahkan menolak beberapa orang yang benar-benar mereka butuhkan.

Jadi jika orang yang Anda cintai mengalami depresi dan menjadi jauh dan terisolasi lakukan yang terbaik untuk mengingatkan mereka bahwa Anda masih ada untuk membantu mereka dengan apa pun yang mereka butuhkan, tetapi jangan mencoba membuat mereka bersosialisasi dengan Anda atau berbicara dengan Anda tentang perasaan mereka jika mereka tidak mau.

Cobalah untuk menciptakan peluang untuk percakapan informal satu lawan satu, bahkan jika itu hanya beberapa menit, dan dengan demikian Anda mungkin dapat memecahkan penghalang kesepian yang telah diciptakan individu untuk dirinya sendiri.

4). Depresi dan patah hati bisa melelahkan jiwa manusia

Kelelahan tanpa henti adalah efek samping umum dari depresi, serta patah hati yang parah. Dalam situasi seperti itu, bahkan bangun dari tempat tidur di pagi hari bisa terasa seperti pengalaman yang menyakitkan dan tugas yang mustahil bagi mereka yang menderita tekanan internal.

Selain itu, orang dengan depresi cenderung berubah-ubah, mereka dapat terlihat baik-baik saja satu menit, dan sesaat kemudian mereka benar-benar kehabisan tenaga dan menunjukkan kelelahan yang ekstrem, bahkan jika mereka telah makan makanan enak atau tidur berjam-jam.

Jadi, jika Anda mencintai seseorang yang menderita depresi, Anda harus mengingatkan diri sendiri tentang kebenaran sederhana: Depresi, dan, pada tingkat yang lebih rendah, patah hati, dapat diambil dari hampir semua yang Anda miliki.

Sementara semua perkataan dan tindakan Anda harus datang dari hati, jangan berharap mereka membalas cinta itu.

Terimalah kenyataan bahwa ini adalah kasus ketika seseorang terperangkap dalam perasaan seperti itu, dan begitu Anda tidak bersikap dingin terhadap Anda secara pribadi, Anda akan membebaskan diri dari penderitaan hebat dan akan mampu memberikan cinta tanpa syarat yang sejati.

5). Ide klasik tidak pernah membantu orang yang mengalami depresi

"Waktu menyembuhkan semua luka," "itu bukan masalah besar," "Anda hanya perlu menghirup udara segar," "saatnya untuk melanjutkan hidup," - ini adalah klise yang sering harus ditangani oleh penderita depresi. dengan, yang terkadang benar dan terkadang benar-benar tidak. Bahkan jika mereka datang dari tempat yang baik, banyak dari mereka yang mengalami depresi akan sangat curiga dan merasa bahwa orang yang mengatakan mereka tidak benar-benar memperhatikan, tidak benar-benar memahami masalah mereka, dan hanya mencoba menenangkan orang yang depresi dengan frase yang pada dasarnya tidak berharga.

Jika demikian, apa yang harus Anda katakan kepada saudara atau teman yang menderita depresi? Pertama, jelas bahwa tidak ada satu jawaban untuk setiap situasi, dan disarankan agar Anda hanya melakukan yang terbaik untuk berbicara secara terbuka, tulus dan dengan keinginan tulus untuk membantu dan mendukung.

Anda dapat mengatakan sesuatu seperti, "Aku mencintaimu, dan aku bukan satu-satunya, tolong percayalah bahwa hidup layak bagi mereka yang mencintaimu, bahkan jika kamu tidak merasa seperti itu sekarang." Ambil napas dalam-dalam, jadilah kuat hidup di sini dan sekarang dan mengambil langkah kecil ke depan setiap hari, saya di sini sekarang, dan saya akan berada di sini besok, di sisi Anda. "Lalu beri mereka pelukan panjang.

6). Dalam jangka panjang, patah hati bisa menjadi jangkar untuk pemulihan dan kehidupan yang lebih baik

Patah hati tidak pernah menjadi hal yang menyenangkan, tetapi bisa berfungsi sebagai katalis untuk penyembuhan, dan memberdayakan pikiran setelah diinternalisasi dan diproses dengan benar. Pengalaman sulit patah hati, yang muncul setelah hilangnya seseorang yang dekat dengan Anda, memang sangat sulit, tetapi Anda dapat mengatasinya dengan mengabadikan keunikan kekasih yang Anda cintai dan mengubahnya menjadi inspirasi harian Anda.

Dengan melakukan itu, orang-orang terkasih yang telah hilang akan terus hidup dalam hatimu yang hancur, yang tidak akan sepenuhnya pulih tetapi akan terus tumbuh, dan mengalami hidup dengan kekuatan penuh, terlepas dari lubang yang telah diciptakan di dalamnya.

Ini bisa dibandingkan dengan orang yang pergelangan kakinya patah dan tidak pernah pulih. Meskipun masih sulit bagi mereka untuk menari, mereka melakukannya dengan sedikit pincang, tetapi yang membuat penampilan mereka lebih dalam dan menyinari kepribadian mereka dalam cahaya yang otentik.

Dunia ini dan kehidupan ini membuat kita, orang-orang, lebih besar dan lebih kuat dari semuanya dengan menghancurkan kita.

Perjalanan menuju pemulihan adalah hati-hati dan tepat - yang dimulai dengan krisis besar dan kejatuhan yang parah dan berakhir dengan kehidupan yang mengisi hati dan pikiran kita dengan belas kasih, pengertian, cinta dan kebijaksanaan mendalam, kualitas yang mungkin tidak bisa kita peroleh dalam cara lain.

7). Kesulitan menyakitkan dapat menyebabkan "pertumbuhan pasca-trauma"

Sebagai kelanjutan dari bagian sebelumnya, sangat disarankan agar Anda membiasakan diri dengan salah satu bidang yang paling berkembang dalam ilmu psikologi, yang disebut "pertumbuhan pasca-trauma," yang meskipun namanya mengancam adalah bidang yang sangat positif, mengklaim bahwa kita, sebagai manusia, dapat menggunakan berbagai jenis kesusahan dan kesulitan yang kita temui dalam hidup untuk pengembangan intelektual jangka panjang kita. Bagaimana mungkin, Anda bertanya?

Ketika pandangan kita tentang dunia sebagai tempat yang positif dan aman dirusak oleh terjadinya berbagai peristiwa dalam hidup kita, itu mengharuskan kita untuk memulai kembali seluruh cara kita memandang kehidupan.

Seiring dengan dukungan yang tepat dan proses penyembuhan dari patah hati ini, kami juga secara bertahap mengembangkan kemampuan untuk melihat hal-hal dalam cahaya baru dan di mata yang berbeda, yang dapat memiliki efek yang sangat positif pada pertumbuhan pribadi masa depan kita. 

Para peneliti menemukan bahwa banyak dari berbagai kesulitan yang kita alami akhirnya dapat mengembangkan perasaan komitmen, kekuatan mental, dan sumber daya kita, dan membawa kita ke tempat yang jauh lebih baik di kemudian hari.

Sumber Refrensi: ba-bamail.com

4 Komentar untuk "7 Tips untuk Mengatasi Depresi dari Kehidupan"

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel