Dunia Pesantren Adalah Pendidikan Terbaik

Dunia Pesantren Adalah Pendidikan Terbaik

Bagi orang awam pastilah sebagian besar mereka menganggap pondok pesantren itu kuno, kotor, iuh pokok. Namun jangan salah menurut penulis pondok pesantren justru pendidikan yang paling terbaik 

Bermula sebelum shubuh para santri di banginkan untuk sholat tahajud , dilanjut sholat shubuh berjamaah dan mengaji.

Tidak sampai situ saja setelah mengaji para santri bersiap dan berangkat menimba ilnu di sekolah . Di sekolah mereka sampai pukul 4 sore. Lepas itu setelah sholat maghrib berjamaah para santri mengaji kitab sampai jam 9 malam.

Capek ? Memang lelah letih ? Memang . Mereka tanpa mengeluh setiap hari menjalankan kewajibannya, meskipun terkadang merasa terpaksa.

Para santri di ajarkan untuk sederhana . Mereka makan dengan seadanya , mereka berpakaian ala kadaarnya. Namun, dibalik kesederhanaan mereka dibalik tirakat mereka itulah ada hasil yang tak terduga .

Di pesantren santri diajarkan untuk selalu tawadhu pada sang kyai . Lihat lah setiap ada kendaraan kyai ataupun kyai lewat mereka selalu menunduk ta'dim. Dengan ajaran akhlak tersebut para santri mendapatkan pelajaran adab yang luar biasa bagaimana menghormati guru atau orang yang lebih tua .

Meski terlihat sangat kuno atu cupu, padahal terdapat banyak barokah dan ilmu yang di dapat dari pondok pesantren . Berbahagialah kalian yang pernah mondok dan jangan pernah sepelekan anak pondok . (KANG PONDOK)

0 Response to "Dunia Pesantren Adalah Pendidikan Terbaik"

Post a Comment

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel