Tentang Sosok Bapak Jokowi, Pribadi Yang Sederhana dan Membumi

Tentang Sosok Bapak Jokowi

"Beliau bukan hanya.... Beliau memang orang sedeehana," Jelas sidarto di suatu kesempatan.

Siapakah sidarto ini?

Dia adalah anggota Dewan Pertimbangan  Presiden (Watimpres). Lengkapnya bernama Sidarto Danusubroto.

Dia bukan hanya menjadi 'ajudan' Jokowi, tetapi pernah pula menjadi ajudan tujuh presiden sebelum presiden Jokowi. Sebagai seorang ajudan, dia orang yang tahu secara dekat keseharian Jokowi, tentu dia tidak bisa dibandingkan dengan orang yang jarang bertemu Jokowi atau malah tidak pernah bertemu sama sekali dengan Jokowi tetapi selalu bilang Jokowi hanya pencitraan belaka!.

Sosok Jokowi Sederhana dan membui
Sumber Foto: www.greenberita.com

Tahu nggak? Sidarto punya pengalaman panjang jadi orang dekat pemimpin negara. Menurutnya, Jokowi memang sederhana, tak dibuat-buat.

"Saya kebetulan dampingi tujuh presiden ya, ajudan soekarno saya, dan sampai sekarang saya masih bekerja, Beliau (Jokowi) Memang termasuk orang yang sederhana, Betul sederhana, keluarganya sederhana," Ucap Sidarto.

Apakah hal itu dibuat-buat?

"Itu tidak dibikin-bikin. Bukan (Pencitraan)," Tegas dia.

Senada dengan apa yang dikatakan Sidarto, Jusuf kalla pun mengatakan hal yang sama tentang Jokowi. "Beliau juga hidup sederhana. Itu yang memberi kekuatan beliau," ucap Jusuf Kalla.

Sebagai seorang pejabat pemerintah yang menjabat di empat priode kepemimpinan presiden (Yakni Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, Soesilo Bambang Yudhoyono, dan Jokowi), bahkan Jusuf Kalla mengakui bahwa Jokowilah satu-satunya presiden yang paling sering berkunjung ke Papua yang merupakan wilayah paling timur dari Indonesia.

"Salah satu yang berbeda dari Jokowi adalah keberanian dan kekuatan beliau untuk mengunjungi setiap pelosok di negeri ini. Papua tiap tiga bulan dikunjungi. Saya setahun sekali belum tentu," Ujarnya.

Sederhana, jujur, dan berani itulah kesan yang tertanam pada Jusuf Kalla tentang Jokowi berdasarkan penilaianya yang sudah bertahun-tahun mendampingi Jokowi. Jadi, kesan ini bukan kesan sesaat semata, atau kesan yang dibuat-buat atau dicari-cari.

Kesan-kesan yang serupa akan banyak diceritakan oleh semua orang yang pernah bertemu dengan Jokowi, entah dalam waktu yang lama atau dalam waktu yang sesaat saja.

Seorang pedagang di pasar Bringharjo, Yogyakarta, tak bisa menyembunyikan kebanggaan dan ketulusan pujianya terhadap sosok Jokowi yang sederhana dan merakyat. Malah, jika semua orang dimintai kesan tentang Jokowi, bisa jadi tulisan ini tak akan cukup memuat dan menampung semua kesan itu.

Pribadi Yang Sederhana dan Membumi

Penampilan Presiden Jokowi yang sederhana dan membumi cukup sering dinyinyirkan oleh sebagian kecil pihak yang syirik, iri, dengki, tak bahagia atau semacam itu dan menudingnya hanya pencitraan semata.

Jika hanya sekali dua kali mungkin masih bisa dibenarkan tudingan tadi, namun kenyataanya tidak begitu, atau sering terlihat penampilan Presiden Jokowi yang sederhana dan membumi.

Media pun dituding sebagai biang kerok atas meningkatnya elektabilitas Presiden Jokowi, karena penampilan Presiden Jokowi yang sederhana dan membumi tadi dianggap berita yang cukup cenderung remeh, bahkan ada juga yang menuding sebagai "berita murahan", "berita bayaran" atau semacam itu.

Entah apa lagi kata orang syirik, nyinyir, iri, tak bahagia dan sejenisnya tadi atas berita yang terkait dengan penampilan Presiden Jokowi yang sederhana dan membumi ini.

Pada masa Pilkada DKI 2012 dan selama menjabat Gubernur DKI Jakarta, Jokowi memiliki supir yang bernama bejo. nah, mantan supirnya tadi mengundang Jokowi yang kini menjabat sebagai Presiden RI untuk menghadiri pernikahan anaknya.

Dan ternyata, Presiden Jokowi pun hadir, meski harus melewati bantaran gang kecil dan kali di sisinya untuk menuju tempat pernikahan anak mantan supirnya dengan memakai batik serta ditemani oleh istrinya Iriana, dan tentu saja para Paspampres.

Presiden Jokowi pun menyalami kedua pengantin. Meski kehadiranya hanya sebentar saja, pihak pengantin yang merupakan rakyat kecil pasti senang dan bahagia atas kehadiran Presiden Jokowi yang sederhana dan membumi ini.

Memberi kesenangan dan kebahagiaan kepada rakyat kecil tadi, apakah Presiden Jokowi salah? Kemudian dituding macam-macam seperti hanya pencitraan saja? Salah Jokowi juga jika media meliputnya?

Bukan hanya Presiden Jokowi saja sebenarnya, tapi pejabat-pejabat lainya pun boleh memberikan kesenangan dan kebahagiaan kepada rakyat kecil, seperti menghadiri acara anak mantan supir atau yang lainya.

Daripada Syirik, iri, nyinyir, dan senang menuding Presiden Jokowi yang sederhana dan membumi hanya pencitraan semata, mengapa tidak melakukan hal yang sama?

Keederhanaan Jokowi tak hanya tampak ketika ia menjadi presiden republik ini saja, bahkan jauh sebelum namanya disebut-sebut media, jauh sebelum ia menjadi Gubernur DKI, jauh sebelum menjadi wali kota solo. Kesederhanaan itu sudah menjadi sikap dan pola hidup Jokowi, bahkan juga keluarganya, bahkan ketiga anaknya.

Suatu ketika, pernah Jokowi sedang bersantai bersantai bersama keluarganya di Kedai Kopi Tuku, Cipete. Lalu, Jokowi dan keluarga bergerak menuju kemayoran, Jakarta Pusat untuk membeli kerak telor. Tampak Jokowi sempat jongkok dan memperhatikan dengan seksama cara penjual membuat kerak telor.

Sementara Iriana, Khaiyang, dan kaesang menunggu kerak telor matang dengan berbincang santai di halte dekat kerak telor.

Terlihat pula di kamera, Iriana memperhatikan aksi penjual kerak telor dari balik jeruji pagar. Ini seperti orang biasa, rakyat kecil, yang sedang menanti kerak telornya selesai. Tak ada gaya Jaim baik pada diri Jokowi sendiri maupun seorang Itri tercinta.

Hanya karena sikap dan pola hidup sederhana sajalah bila seorang Presiden tak segan-segan menunjukan sikap dan gelagat yang seperti ini.

Tulisan ini dikutip dari buku Hery sucipto. Cet. 1 Februari 2019. 

0 Response to "Tentang Sosok Bapak Jokowi, Pribadi Yang Sederhana dan Membumi"

Post a Comment

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel