Promosi Dagangan lewat blog? kenapa tidak

Promosi Dagangan lewat blog? kenapa tidak

Selamat datang di blog Kang Santri | Jika dulu berdagang hanya bisa dilakukan dengan mencari stand di pasar, atau di pinggir-pinggir jalan. Namun tidak untuk sekarang, sekarang ini kita berada di era zaman yang serba canggih, zaman dimana semua aktivitas bisa digantungkan dengan yang namanya Internet.

Dengan adanya internet seperti saat ini, tentu saja manusia bisa sedikit dimanjakan. Sebagai contohnya dalam hal dagang juga membeli barang.

Tentu saja dengan adanya Internet, manusia akan sedikit terbantu, bisa mempermudah mereka dalam aktivitas berdagang ataupun berbelanja.

Tidak heran jika banyak para pembisnis online, mereka mempromosikan daganganya melalui sosail media seperti Facebook, Instagram, dsb.

Ada yang berhasil juga ada yang tumbang, karena sejatinya dagang lewat Internet (Online) layaknya dagang di dunia nyata, sudah pasti banyak persaingan.

Menurut saya, jika kita hanya mengandalkan sosial media seperti Facebook, Instagram, YouTube, dll. Masih kurang profesional. Kenapa? Karena kita masih numpang di website orang, jualan di sosial media kan masih numpang di website orang.

Ibaratnya kita berdagang di dunia nyata, kita punya suatu makanan lalu kita menitipkanya di beberapa toko sebelah. Sudah pasti kita juga tidak akan leluasa/Bebas berekspresi, karena kita masih numpang. Iya kalau yang dititipi orangnya baik hati? kalau tidak?.

Seperti halnya di sosial media, media Facebook yang kita jadikan sebagai toko jualan bisa saja menghapus akun kita kapanpun mereka mau. Bisa saja akun kita dianggap SPAM oleh pihak Facebook karena seringnya promosi di facebook.

Beda cerita jika kita mempunyai sebuah Toko sendiri, kita bisa bebas berekspresi, sesuai dengan hobi dan strategi yang telah kita rencanakan.

Nah,, sebuah toko ini jika di dunia Internet bisa di ibaratkan dengan sebuah website, strateginya pun hampir sama.

Jika di dunia nyata kita harus menghias tampilan toko serapi mungkin, bersih, dan juga nyaman. Hal ini bertujuan agar pengunjung bisa merasa nyaman ketika membeli barang di toko kita.

Sama dengan website/blog, kita juga harus membuat blog/website ini semenarik mungkin, dengan tampilan yang rapi, pernak-pernik yang indah, agar nantinya pengunjung merasa nyaman dan menganggap bahwa blog/website ini profesional.


Berjualan Lewat Blog, Kenapa Tidak?


Saat ini blog tidak hanya dijadikan sebagai media penyebar informasi saja, semakin berkembangnya tekhnologi membuat khalayak luas menjadi sadar dan semakin kreatif.

Hal ini bisa dibuktikan bahwa Media blog tidak hanya bisa dijadikan untuk menyebar berita Hoax saja, Namun juga bisa jadikan sebagai media promosi dagangan kita.

Untuk masalah laku atau tidaknya dagangan jika berjualan lewat website atau blog, semua tergantung dengan strategi kita.

Menurut saya sendiri, blog masih menjadi senjata ampuh untuk berdagang online. Apalagi jika blognya bagus, rapi, profesional, menggunakan domain yang berbayar dan tidak melanggar kebijakan Google webmaster.

Selain keren dan profesional, caranya pun cukup mudah.

Kita hanya menyajikan sebuah Foto atau video gambaran barang yang akan kita jual, lalu menambahkanya dengan sedikit ulasan tentang barang yang kita promosikan.


Jualan Lewat Blog, Kenapa Nggak?


Sekian dulu semoga bermanfaat.

4 Responses to "Promosi Dagangan lewat blog? kenapa tidak"

  1. Bener sekali mas. Kalau web ibarat toko sendiri. Tapi sayangnya masih minim yang suka buka toko di web pribadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener memang masih jarang, teman saya perempuan ada yang ngeblog jualan dari nasa lancar mas hehe,,

      Delete
  2. Kalau mau jualan di blog, pakai template apa ya mas yg bagus? saran juga dong buat strateginya.. soalnya banyak pesaing yg tinggi. udh nerapim seo tapi blm ngerasain hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah ada template dari mas sugeng mbak, namanya VioToko, teman saya yang cewe pake itu semua coba dirasakan sensasinya.

      Delete

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel