Sabab-Musabab Timbulnya Budaya Nasional, Lokal Dan Budaya Asing

Sabab-Musabab Timbulnya Budaya Nasional, Lokal Dan Budaya Asing

“NB: Sebelumnya, jika ingin faham. Bacalah sampai kesimpulanya” 
Dilatarbelakangi oleh beragamnya kebudayaan di negeri yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.


Serta saking banyaknya suku-suku yang ada, Indonesia menjadi salah satu negeri yang kaya akan keanekaragaman budaya.


Itu semua dikarenakan manusia atau masyarakat Indonesia sendiri sangat bermacam-macam yang timbul dari beberapa suku yang tersebar luas di Indonesia.


Kebudayaan nasional disuatu negeri tercipta karena adanya kebudayaan lokal. Pengangkatan dan pengakuan kebudayaan milik suatu negara karena negara tersebut mempunyai budaya lokal.


Sedangkan kebudayaan lokal sediri timbul karena budaya yang timbul dari suatu wilayah yang diangkat dan diakui sebagai budaya lokal.


Seterusnya, budaya yang ada pada suatu wilayah itu ada, karena dipengaruhi dan mengangkat dari kebiasaan dan perilaku manusia/orang yang hidup disuatu wilayah.


Dapat digaris bawahi, bahwa budaya dan manusia adalah dua unsur yang tidak lepas. Itu sebabnya, budaya-budaya yang ada disuatu negara ada, karena setiap manusia memiliki budaya atau kebiasaan dan perilaku.



Namun, berbeda lagi dengan budaya asing. Budaya asing merupakan budaya yang timbul di suatu negara karena dari negara lain.


Hal tersebut (buday asing) ada disuatu negara karena pengaruh dan hubungan antar budaya dari negara satu ke negara yang lain.



Contoh, negara A tidak mempunyai kebudayaan seperti negara B misalnya. Namun, dengan adanya imigran atau interaksi antar negara A dan B.



Lama-kelamaan negara A tidak menutupi kemungkinan menirukan atau mencontoh dan merealisasikan budaya dari negara B yang mempunyai budaya bertani di negaranya sendiri.



Dari situ, kebudayaan negara B bisa masuk pada negara A. Dan pada akirnya negara A mempunyai budaya seperti budaya yang ada dinegara B.



Tapi, budaya di negara A yang mengangkat dari budaya negara B tersebut, bukanlah budaya asli mereka. Melainkan budaya dari negara lain, atau budaya asing.



Kesimpulanya adalah:



kalau negara nasional merupakan budaya yang mengangkat dari budaya lokal.



Sedangkan budaya lokal mengangkat dari budaya yang ada disuatu daerah/wilayah setempat.



Lalu budaya disuatu wilayah atau daerah setempat mengangkat dari kebiasaan, perilaku, pola pikir,aturan hasil karya dari masyarakatnya.



Dan budaya masyarakat setempat tersebut ada, karena dipengaruhi budaya individual manusia atau perseorangan. Yang meliputi tingkah laku, pola pikir, hasil karya dan lain lain.



Sedangkan budaya asing, adalah budaya yang ada atau yang timbul dari negara lain. Atau budaya yang mengangkat dari budaya negara lain yang sebelumnya budaya tersebut belum ada di suatu negara itu sendiri.

By: Anas Khoirudin

0 Response to "Sabab-Musabab Timbulnya Budaya Nasional, Lokal Dan Budaya Asing"

Post a Comment

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel