Ternyata Didalam Mensykuri Nikmat, Ada Lagi Nikmat Yang Harus Disyukuri

Ternyata Didalam  Mensykuri Nikmat, Ada Lagi Nikmat Yang Harus Disyukuri

Tentu, Allah SWT. Yang maha kuasa nun maha kaya memberikan keanungrahan kepada seluruh makhluk yang diciptakan-Nya didunia ini sama merata.

Pemberian anungrah Allah SWT. Sungguh tidak dapat dikalkulasi begitu saja. Sebab, betapa besar nikmat yang sama merata tidak dapat dibayangkan secara nalar dan naluri saja.

Tidak lain dengan manusia. Betapa besar pemberian Allah kepada manusia. Gerak segala gerak, tingkah semua tingkah. Dan apapun itu yang dapat kita lihat dan kita rasakan adalah pemberian Tuhan yang Maha Esa.

Tetapi, dibalik pemberian yang sangat ageng tersebut, ada beberapa hal ataupun tugas kita kepada Sang Pemberi yang sering dilalaikan.

Jika, bertanya apakah itu? Tentu, jika hubungannya dengan pemberian, juga masih berkesinambungan dengan yang namanya terimakasih. Ya, jawabanya adalah bersyukur kepada Allah dengan seluruh segala nikmat ini.

Jika dijelaskan secara runtut membahas tentang syukur, apa itu syukur dan bagaimana kita bersyukur, tentu akan memakan waktu yang cukup lama.

Bahkan, jika kita hanya membahas syukur, mungkin sampai dunia ini meleburpun juga belum tuntas. Sebab, hakikinya, apapun itu rupanya, rasanya itu pemberian, merupakan bentuk suatu nikmat.

Jadi, dapat kita garis bawahi bahwa, bersyukur merupakan bentuk terimakasih kita kepada Allah yang memberikan nikmat tersebut.

Dan semua itu harus kita lakukan. Sebab, Tuhan sendiri sudah mengatakan kalau nikmat ini, kita syukuri maka akan ditambahi. Dan sebaliknya, jika tidak disyukuri maka azab yang besar akan menghampiri.

Maka, tugas paling besar kita sebagai penerima, adalah harus berterima kasih kepada sang pemberi. Apapun itu bentuknya, rupanya, dan rasanya. Sepatutnya disyukuri atau berterimakasih kepadanya.

Adapun ekspresi kita untuk mensyukuri seluruh nikmat ini juga bermacam-macam. Ada bil qouly, bil fi’ly, bi qolby dan lain sebagainya.

Mungkin, bagaimana caranya bersyukur, pembaca yang budiman sudah faham. Jadi tidak perlu dipersulit dan tebelit-belit.

Masih berkaitan tentang syukur. Pada titik tersendiri, manusia masih sering lupa dengan syukur daripada mengingatnya. Hal tersebut adalah bukti dari berapa kadar kufur kepada sang Esa.

Memang, manusia adalah tempat lupa dan salah. Tapi, jika tidak pernah mengingat betapa besar karunia ini yang harus disyukuri, itu kenemenen.

Jadi, sebisa mungkin, kita juga berusaha untuk senantiasa tafakkur. Mengingat beatapa besarnya karunia ini yang harus disyukuri.

Adapun puncak dari dari rasa syukur seorang hamba kepada Tuhan Yang Mahan Esa, adalah ketika ia bingung dan tidak sanggup bagaimana lagi cara untuk menyukuri segala kenikmatan ini.

Sebab, segala gerak-gerik, kedap-kedip kitapun juga nikmat yang harus disyukuri. Jangankan, yang besar. Kita bisa besyukur kepada-Nya saja, itu juga merupakan nikmat lagi yang harus kita syukuri.

Jadi, didalam kita bersyukur, ada kenikmatan yang harus disyukuri. Yaitu, kita telah diberi kesempatan Tuhan Yang Maha Kuasa untuk senantiasa beryukur.


By: Anas Khoirudin

0 Response to "Ternyata Didalam Mensykuri Nikmat, Ada Lagi Nikmat Yang Harus Disyukuri"

Post a Comment

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel