Hal Produktif Bagi Para Fresh Graduate untuk Mengisi Waktu Luang

KPI IAI TABAH

Benar kata orang-orang, kalau selagi kita hidup, kita masih akan terus dihantui oleh pertanyaan berantai tanpa akhir. Contoh terkongkrit lainnya dapat kita temui saat kita telah menyelesaikan masa studi perkuliahan.

Dari yang dulu sampai bosan ditanya, “kapan sarjana?” kini berganti lagi jadi pertanyaan membosankan lainnya “kerja apaan sekarang?” Untuk pertanyaan yang satu ini, saya yakin sensitivitasnya jauh lebih terasa.

Bukan tanpa sebab, masa ketika menyandang fresh graduate atau biasa juga disebut sarjana muda adalah masa-masa yang berat, ya kayak loh disuruh push-up pakai kelingking.

Soalnya terornya bakalan jauh lebih intens mengingat betapa banyak cost kuliah yang telah dihabiskan dan terlebih lagi kalau loh termasuk mahasiswa yang familiar di kampus dulu.

Apalagi tidak dapat dipungkiri, mindset orang-orang setelah berkuliah bukan lagi hanya sebatas traveling atau seloyoran di tempat-tempat nongkrong, tapi juga tanggung jawab moral untuk bisa mengaplikasikan keilmuannya, yang ujung-ujungnya pasti mengarah ke output penghasilan juga. 

Untuk diri sendiri, orang tua, atau kelak untuk pasangan hidup kita. Banyaknya jumlah fresh graduate setiap tahunnya, tentu menuntut kita untuk terus mengembangkan kapasitas diri untuk bisa berkompetisi. Stagnan hanya akan membuat kita tidak produktif.


Berikut sedikit tips yang bisa kalian para fresh graduate lakukan dalam mengisi waktu luangnya:


Cari kesempatan magang, freelance, atau part time

Banyak perusahaan yang menyediakan lowongan magang bagi para fresh graduate. Ya meski namanya magang ada yang dibayar, ada juga yang sukarela, tapi ini bisa sangat bermanfaat untuk menambah pengalaman kita.

Setidaknya bisa memperkaya CV kita kan. Bahkan kadang, beberapa orang yang kinerjanya dianggap baik malah ditawari jadi pekerja tetap di perusahaan kita magang.

Bagi yang punya kemampuan dalam desain grafis, website atau menulis artikel, juga bisa menjadi freelance. Banyak loh freelance yang memiliki penghasilan besar. Kuncinya yang penting harus terus banyak membangun relasi.

Mengikuti kursus keahlian untuk menambah skill lain

Seseorang yang dilirik oleh perusahaan biasanya bukan hanya yang memiliki keunggulan akademis semata, melainkan juga dibekali berbagai skill pendukung lainnya.

Para fresh graduate bisa mengikuti kursus atau pelatihan yang dianggap akan mendukung keilmuannya sehingga itu akan menjadi nilai plusnya. Ya kalau sekarang mungkin yang paling lazim kemampuan untuk bisa berbahasa Inggris lah ya salah satunya.

Menjadi volunteer komunitas atau organisasi sosial

Aktif berkecimpung sebagai volunteer di organisasi sosial ini bisa membantu kita untuk tetap berinteraksi dan berpeluang bertemu dengan banyak orang hebat.

Namanya juga rezeki kan, kita tidak tahu siapa dan darimana datangnya. Sesuai petuah bijak “silaturahmi akan membuka pintu rezeki.”

Cobalah menjadi enterpreneur

Nah ini sih yang recomended banget. Ya iyalah, zaman sekarang anak muda milenial ditantang tidak hanya bermimpi untuk menjadi karyawan ataupun pegawai, tapi juga bisa membuka lapangan kerja. Dan menjadi interpreneur inilah jalannya.

Niatannya sih yang harus dimatangkan, soalnya ketika telah memutuskan menjadi pengusaha, berarti harus siap rugi maupun untung.

Tapi yakin sih, di era kemajuan teknologi sekarang ini, referensi usaha begitu berjibun di dunia maya sehingga kalian hanya butuh untuk melangkah dan berani mencoba.

Rencanakan liburan sejenak/berkumpul dengan keluarga

Hal ini yang juga pernah saya coba selepas sarjana dulu. Menghabiskan waktu 3 bulan lebih untuk berlibur, melepas kepenatan setelah menyelesaikan skripsi yang runyam. Pulang ke kampung sejenak, bertatap muka dengan orang tua yang telah lama tak bersua.

Menanggalkan status rantau menjadi home sick. Ibarat mengisi ulang kembali semangat kita untuk menyambut tantangan hidup yang baru.

So, semangat kalian para fresh graduate. Sesungguhnya kesuksesan hanya bagi mereka yang tak pantang menyerah, persis waktu kamu deketin si doi untuk jadi ibu bagi anak-anakmu kelak #aish,,,, :v

0 Response to "Hal Produktif Bagi Para Fresh Graduate untuk Mengisi Waktu Luang"

Post a Comment

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel