Sempat Viral di Desa Tegalbang, Modus Minta Pulsa, Memanfaatkan Foto Kades Sebagai Senjata

Hati-hati dengan modus meminta pulsa, yang memanfaatkan Foto Kades sebagai senjatanya.

Foto kasus

Berawal dari foto saya bersama petinggi desa Tegalbang (Bapak Yudi) yang telah saya publikasikan di website komunitas blogger Tuban, saya menjadi viral di desa saya sendiri lantaran foto tersebut disalah gunakan oleh orang yang akalnya tak sehat.

Pelaku ini memanfaatkan foto para petinggi desa/kades sebagai jurus jitu untuk menipu korban yang akan menjadi target penipuan meminta pulsa.

Sebenarnya kasus-kasus seperti ini sudah banyak tersebar di kalangan masyarakat. Seperti contoh penipuan publik lewat telfon yang mengaku sebagai pihak kepolisian lalu menakut-nakuti si korban dengan berbagai cara dan ancaman, diantaranya termasuk: Anak bidikan korban kecelakaan, Anaknya kena kasus nark*ba, dsb.

Kasus seperti ini sudah marak ditelinga khalayak, tentu saja, kasus seperti ini bukan hal baru lagi. Tapi anehnya kenapa masih banyak yang percaya?, kenapa masih banyak yang menjadi korban?.
Untuk itu, meskipun kita hanya masyarakat pinggiran. Alangkah kerenya jika kita selalu kritis, termasuk dengan masalah penipuan sosial seperti kasus di atas.

Toh sekarang ini teknlologi semakin canggih?. Awalnya saya tidak tahu tentang kasus foto saya bersama Bapak Yudi yang disalah gunakan tersebut. Karena teman sekaligus tetangga saya bilang, saya jadi tahu.

Ia bilang, katanya di group karang taruna desa tegalbang rame membahas tentang penipuan pulsa yang sudah banyak menjadi korban.

Sempat menyngkut foto dan lokasi saya tinggal. Sepertinya yang ada di group juga sedikit percaya bahwa yang menjadi pelaku penipuan pulsa tersebut, orangnya ada di foto bersama bapak yudhi (saya).

Mengetahui hal tersebut, saya langsung klarifikasi secepatnya kepada Bapak Yudi selaku petinggi desa tegalbang, karena ini menyangkut harga diri. Masa anak selugu saya punya tekat menipu masyarakat? apalagi ini di desa saya sendiri, tentu saja saya nggak berani.

Saya bilang kepada Bapak Yudhi, "Pak, kulo Fathnan sing ten foto kalih njenengan. Terose ten group karang taruna tegalbang kok rame membahas penipuan pulsa, dan menyangkut foto saya?. Saya hanya klarifikasi pak, kalau itu bukan saya."

Pak Yudhi langsung merespon dengan baik, “Nggih, mboten nopo-nopo mas, cuma ingkang ten profil niku mboten nomere njenengan”, Kata pak yudhi, setelah saya klarifikasi.

Terus saya jawab lagi: “Nggih mpun pak, kulo namung sanjang, nggih rodok sungkan/malu. Keranten ten group terose rame membahas foto kulo kalih njenengan.”

“Mboten nopo-nopo……., mas” Jawabnya,

Kesimpulan:
Meskipun kita masyarakat desa, masyarakat pinggiran. Alangkah kerenya jika kita selalu waspada dengan modus penipuan seperti masalah diatas.

2 Responses to "Sempat Viral di Desa Tegalbang, Modus Minta Pulsa, Memanfaatkan Foto Kades Sebagai Senjata"

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel