Pilih Pribadi Yang Cerdas atau Bodoh?

Pilih Pribadi Yang Cerdas atau Bodoh?

Sejenak, mari kita intropeksi diri, selama ini kita termasuk orang yang cerdas atau orang yang bodoh?, sebelum kita mengetahui definisi masing-masing dari cerdas dan bodoh, nah kita sebagai makhluq yang senang dengan kebaikan pasti memilih menjadi pribadi yang cerdas, tapi tidak semudah itu kita memilih.

Mungkin kita bisa saja memilih kemudian mengusahakannya untuk menjadi pribadi yang cerdas dengan melakukan sesuatu yang telah di sabdakan nabi Muhammad yang artinya "orang cerdas adalah orang yang bisa mengalahkan hawa nafsunya dan mengamalkan suatu amal yang hasilnya dirasakan setelah mati.

Maksud dari mengalahkan nafsu adalah orang itu bisa menahan dan memaksa keinginan nafsunya dari perkara yang di senangi oleh syetan dan di benci oleh Allah.

Amal yang hasilnya di rasakan setelah mati adalah amal taat dan amal sholeh.

Setelah kita mengetahui definisi cerdas mari kita palingkan diri untuk mengaplikasikan definisi diatas pada diri kita dalam hidup ini.

Kemudian orang bodoh (kumprung) menurut nabi dalam hadisnya, yang artinya "orang bodoh adalah orang yang selalu mengikuti atau menuruti hawa nafsunya (kesenangan hatinya) dan berangan-angan kepada Allah untuk mewujudkan keinginan-keinginanya sedangkan ia tiada usaha.

Maksud dari nafsu di atas adalah sesuatu perkara yang memerintah pada kejelekan seperti ghosob, makan berlebihan, tidur, malas malasan, tidak disiplin dan perkara yang di senangi oleh syetan dan yang di benci oleh Allah.

Maka dari itu kita berusaha sekuat tenaga untuk menghindari menjadi pribadi yang bodoh agar mendapat ridlo dari Allah dan Rosulnya.

Kesimpulan:
kita bisa mengetahui selama ini pribadi kita itu termasuk yang cerdas ataukah bodoh? penulis rasa semua pasti ingin menjadi pribadi yang cerdas namun ingin cerdas harus di sertai dengan usaha yang keras.

Semoga dengan tulisan ini bisa menambah semangat pembaca untuk menjadi orang yang cerdas yang sesuai dengan Hadis Nabi. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pilih Pribadi Yang Cerdas atau Bodoh?"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel