Daftar Tempat Liburan Seru Yang Patut Anda Kunjungi Saat di Kebumen Jawa Tengah

Daftar Tempat Liburan Seru Yang Patut Anda Kunjungi Saat di Kebumen Jawa Tengah

Kebumen tidak hanya terkenal akan masakanya yang kreatif juga kota beriman. Akan tetapi, Kebumen juga mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa. Karena letaknya yang berada di pesisir Selatan Pulau Jawa, membuatnya memiliki banyak pantai-pantai cantik dan eksotis yang sayang untuk dilewatkan. Banyak wisata pantai dengan keindahan luar biasa yang cocok dijadikan sebagai tempat berfoto di Kebumen.

Berikut ini Daftar Tempat Liburan Seru Yang Patut Anda Kunjungi Saat di Kebumen Jawa Tengah


Wisata alam di kebumen memang cocok dijadikan sebagai andalan. Karena selain pantai, tempat wisata di Kebumen juga berupa Goa, pegunungan. Dan masih banyak lagi yang akan kami rekomendasikan buat teman-teman.

Berikut tempat-tempat wisata yang ada di Kebumen Jawa Tengah

1). Pantai Menganti Kebumen
Pantai Menganti Kebumen
Foto Instagram: @fathnan.id_

Tempat menarik di Kebumen yang wajib dikunjungi salah satunya adalah Pantai Menganti. Saking bagusnya tempat ini, banyak yang menyebutnya sebagai New Zaeland-nya Indonesia.

Lokasi Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Di Pantai Menganti ini terdapat sebuah mercusuar yang bisa dinaiki jika ingin menikmati pemandangan pantai dari ketinggian.

Dengan pasir putih dan jejeran bukit-bukit, dapat membuat hasil foto Anda ketika berada di Pantai Menganti terlihat unik dan keren.

Pantai Menganti sendiri ternyata memiliki sebuah legenda yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Konon, pantai yang sekarang menjadi tempat berlibur di Kebumen ini dulunya adalah saksi bisu.

Yaitu cinta seorang panglima Kerajaan Majapahit kepada kekasihnya. Dahulu panglima tersebut menjalin kasih dengan seorang wanita, akan tetapi hubungan cinta mereka tidak direstui.

Sang panglima memutuskan untuk melarikan diri dan berjanji dengan kekasihnya itu untuk bertemu di pantai ini. Akan tetapi setelah seharian penuh menanti, sang kekasih tak juga muncul dan memupuskan harapan dari panglima tersebut.

2). Pantai Pasir Lembupurwo
Pantai Pasir Lembupurwo
Sumber Foto: Instagram @harrylaks_

Pantai Lembupurwo terletak di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Tempat liburan di Kebumen ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama ketika hari Raya Idul Fitri.

Biasanya warga Kebumen dan Purworejo mengunjungi pantai yang juga sering disebut Pantai Rowo pada hari kedelapan dan kesembilan lebaran. Selain untuk rekreasi, tujuan warga setempat juga untuk menjalankan ‘tradisi’ ke laut setiap hari Raya Idul Fitri.

Yang unik dari pantai ini adalah gumuk pasirnya yang terlihat sangat gagah dengan berpagar deretan cemara laut yang terlihat menawan. Sehingga tak heran jika Gumuk Pasir Pantai Lembupurwo menjadi tempat wisata di Kabupaten Kebumen yang banyak dikunjungi.

Meskipun pasirnya tidak putih seperti pantai Menganti, tapi bukan berarti keindahannya terkalahkan. Pasirnya yang lembut membuat banyak orang betah bersantai dalam waktu lama di Pantai Lembupurwo ini.

3). Pantai Lampon
Pantai Lampon
Instagram: @solikhah.98_

Pantai Lampon adalah salah satu pantai yang sangat cocok bagi Anda untuk melepas segala hiruk pikuk suasana kota yang melelahkan.

Hal tersebut dikarenakan pantai ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang telah tenar. Sehingga menyebabkan masih sepi dari wisatawan.

Padahal keindahan pantai berpasir coklat ini juga tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Kebumen. Salah satu objek wisata murah di Kebumen ini bahkan bisa diakses secara gratis oleh pengunjung yang hadir.

Karena belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, Anda bisa merasa sensasi memiliki pantai pribadi ketika berada di Pantai Lampon ini.

4). Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong
Instagram: @fathnan.id_

Tempat wisata Karang Bolong Kebumen sudah cukup terkenal di kalangan warga setempat hingga ke luar daerah. Di pantai ini memang ada karang berlubang atau bolong yang sangat ikonik, sesuai dengan namanya.

Pantai Karang Bolong ini berada di Desa Karang Bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai ini menjadi tempat yang tepat jika Anda ingin menyaksikan keganasan ombak pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Di pantai berpasir hitam keabu-abuan ini terdapat berjejer nyiur kelapa yang menambah keasrian lukisan Tuhan Yang Maha Kuasa. Di sekitar pantai juga telah banyak pedagang yang akan mengobati rasa lapar Anda setelah lelah berjemur dan bermain seharian.

Untuk biaya masuk tempat wisata Kebumen yang indah ini sangat terjangkau, yaitu sebesar tiga ribu rupiah per orangnya. Sedangkan untuk anak usia di bawah lima tahun dikenakan biaya dua ribu rupiah saja.

5). Pantai Gebyuran

Tempat wisata di Kebumen yang tersembunyi dan boleh Anda jajal untuk dieksplorasi adalah Pantai Gebyuran. Aksesnya memang cukup sulit dan bibir pantai juga tidak terlalu luas, namun bukan berarti pantai ini tidak menarik.

Pantai ini diapit oleh barisan tebing-tebing batu dilengkapi ceruk-ceruk kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh.

Dikarenakan banyak karang yang memecah ombak di tengah laut membuat Pantai Gebyuran bisa dibilang cukup jinak dan landai. Letaknya adalah di sebelah barat Tanjung Karang Penganten, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

6). Pantai Bopong

Masih ada lagi pantai yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Kebumen yang menawarkan keindahan tak biasa. Pantai Bopong, dengan laguna alami yang sangat cantik untuk dijadikan objek foto dan aman untuk berenang.

Sehingga pantai ini bisa dijadikan sebagai tempat bermain anak di Kebumen yang tentunya menyenangkan bagi si kecil.

Bukit Hud Kebumen: Melihat Dari dekat Keindahan Bukit hud Kebumen Jawa Tengah

Sebenarnya kawasan pantai ini terbilang cukup ramai di kunjungi, akan tetapi banyak wisatawan yang tidak menyadari keberadaan lagunanya.

Untuk sampai ke laguna Anda bisa berjalan ke arah timur atau mengikuti aliran sungai. Aliran sungai inilah yang kemudian membentuk kedung berisi air jernih dan biasa disebut dengan laguna.

7). Pantai Karang Agung

Tempat wisata area Kebumen yang cukup unik selanjutnya adalah Pantai karang Agung. Jika umumnya pantai identik dengan pasir yang berbatasan langsung dengan air, berbeda dengan pantai ini.

Di sini, ombak bertemu langsung dengan bebatuan yang banyak berada di sekitar pantai. Dan di Pantai Karang Agung ini terdapat batu karang yang ikonik berdiri dengan gagah.

Batu tersebut dikeramatkan dan dilindungi oleh warga setempat, sehingga kelestariannya tetap terjaga hingga saat ini. Meskipun indah, pantai ini bisa dibilang belum ramai dikunjungi oleh wisatawan.

8). Jembangan Wisata Alam

Mengunjungi sebuah kota tentu tidak lengkap rasanya jika tidak beristirahat sambil menikmati santapan lezat.

Tentu saja suasana akan jauh lebih menyenangkan jika dilengkapi dengan pemandangan spektakuler, dan Kebumen memiliki itu.

Berada di Desa Jembangan, Kecamatan Pocoworno, sebuah restoran apung menjadi tempat nongkrong di Kebumen yang sayang untuk dilewatkan. Panorama perbukitan yang dihadirkan menghadirkan view fotogenik ala-ala Eropa ketika diabadikan dengan kamera.

Mencari wisata malam di Kebumen memang cukup sulit, namun Anda bisa mencoba menghabiskan waktu di sini. Karena selain restoran, tempat ini juga dilengkapi dengan kebun binatang mini dan arena bermain air seperti sepeda air.

Sehingga Jembangan Wisata Alam bisa dijadikan sebagai tempat berwisata bersama keluarga di Kebumen. Jaraknya juga cukup dekat, hanya sekitar 45 menit dari pusat kota.

9). Bukit Pranji

Seperti halnya wilayah lain yang memiliki dataran tinggi, Kebumen juga merupakan salah satu wilayah untuk berburu sunrise.

Bukit Pranji, obyek wisata di Kabupaten Kebumen yang satu ini akan mengahdirkan nuansa matahari terbit yang benar-benar memukau.

Bahkan beberapa wisatawan sengaja bermalam dengan mendirikan tenda di Bukit Pranji. Agar tidak ketinggalan momen penting munculnya matahari dari ufuk timur.

Bukit Pranji bisa dikatakan sebagai tempat wisata paling bagus di Kebumen untuk mengabadikan keindahan matahari terbit.

Bukit ini berada di Desa Pengarigan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen dengan akses yang cukup mudah dijangkau. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua untuk tiba di atas.

10). Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah merupakan destinasi yang menjadi tempat wisata hits Kebumen.
Pasalnya pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dengan semburat merah dari mentari yang baru keluar dari peraduan benar-benar menawan.

Pemandangan elok tersebut berasal dari kawasan purba Cagar Geologi Karangsambung. Di sana dibangun gardu pandang di atas pohon yang akan membuat hasil foto Anda terlihat semakin menarik.

Untuk menuju ke Bukit Pentulu Indah, Anda harus menempuh jarak 21 km dari pusat kota ke arah utara.

11). Pantai Sawangan

Di desa Karangduwur, terdapat Pantai Sawangan, Curug Sawangan, dan Goa Sowowo yang sudah cukup ramai dikunjungi.

Dan baru-baru ini warga setempat mengembangkan potensi wisata baru, yaitu Bukit Sawangan. Sehingga wajar jika Bukit Sawangan menjadi tempat wisata di Kebumen yang belum banyak diketahui.

Tempat wisata baru di Kebumen ini dirancang untuk anak-anak muda yang senang dengan tantangan. Untuk mencapai area Bukit Sawangan, pengunjung harus treking terlebih dahulu.

Namun jangan khawatir, tempat ini sudah mulai dilengkapi dengan fasilitas yang cukup menyenangkan, seperti flying fox dan wahana rapling.

12). Gunung Duwur

Jika tidak puas treking di Bukit Sawangan, Anda bisa menjajal Gunung Duwur yang memiliki ketinggian 500 mdpl. Mungkin tingginya memang tidak seberapa, tetapi pemandangan yang disajikan sangat luar biasa.

Dari atas sana Anda dapat menikmati keindahan Samudra Hindia yag membentang luas dengan pembatas berupa garis pantai dan cakrawala.

Sehingga wajar saja jika ia dijadikan sebagai tempat hunting di Kebumen, terutama bagi pemburu keindahan alam yang anti mainstream.

Akan tetapi karena belum ada jalur pendakian yang jelas, harap meningkatkan kewaspadaan dan jangan lupa meninggalkan tanda sebagai petunjuk jalan.

13). Bulupitu

Obyek wisata Bulupitu Kebumen adalah tempat yang mengandung banyak legenda dengan kesakralan yang tetap terjaga hingga saat ini Bulupitu ini merupakan Kraton suci yang saat ini berisi dua makam, yaitu makam Nawang Sih dan Nawang Sasi.

Di tempat ini para pengunjung sering melakukan semedi, ziarah, dan menenangkan diri agar lebih khusyuk dalam berdoa.

Tidak semua orang diperkenankan memasuki kraton ini, hanya orang-orang dengan kepentingan tertentu saja. Tempat ini sangat tenang dan sejuk karena berada di tengah pegunungan dan jauh dari perkampungan penduduk.

Untuk tiba ke sana peziarah harus melewati lebih kurang lima ratus anak tangga. Di sepanjang jalan dipasang banyak papan berisi larangan yang harus dipatuhi oleh pengunjung.

Seperti dilarang memotret sembarangan, dilarang berteriak atau mengeluarkan suara keras, dilarang mencoret-coret dinding kraton, dan banyak lagi.

14). Hutan Mangrove

Pemandangan hijau selalu menjadi penyejuk mata dan biasanya mampu melepaskan rasa lelah dari rutinitas harian yang seakan tidak ada habisnya.

Tempat piknik di Kebumen dengan pemandangan alam yang hijau salah satunya adalah Hutan Mangrove Logending. Hutan bakau ini berada di sepanjang tepi muara Sungai Bodo, di Desa Logending, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Keindahannya bertambah lagi karena wilayah ini seolah dipagari oleh rangkaian perbukitan Karst Gombong Selatan yang sangat gagah.

15). Goa Jatijajar

Obyek wisata Kebumen Jawa Tengah dengan keindahan yang tak diragukan lagi dan sudah cukup terkenal adalah Goa Jatijajar.

Goa ini telah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu sehingga wajar jika pemandangan bawah tanah yang diberikan sangat istimewa. Goa Jatijajar berjarak kurang lebih 42 km dari pusat kota dan sekitar 21 km dari Gombong.

Dan konon merupakan tempat bertapa Raden Kamandaka. Saat berkunjung ke goa ini, tidak perlu takut tersesat, karena penerangan dan jalan sudah dikondisikan untuk memberi kenyamanan para wisatawan.

16) Goa Petruk

Sekitar 7 km dari Goa Jatijajar, terdapat Goa Petruk yang bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi di Kebumen.

Goa ini menawarkan keindahan yang ikonik melalui keberadaan stalagtit dan stalagmit.
Di dalam sini Anda akan mendengar suara tetesan air kapur yang menggema secara terus menerus dengan teratur. Suasana semacam itu akan sulit di dapat di tempat lain, terutama jika telah kembali ke rutinitas harian di perkotaan.

Di dinding goa terdapat beberapa relief tokoh pewayangan dan kehidupan manusia yang menambah kesan menarik dari Goa Petruk ini.

17). Goa Barat

Masih wisata berupa goa, goa barat akan menghadirkan suasana yang berbeda dan jauh lebih menantang.

Tempat wisata alam Kebumen yang satu ini letaknya juga tidak jauh dari Goa Jatijajar.

Anda bisa merasakan kegelapan perut bumi melalui Goa Barat ini. Dengan diiringi gemuruh suara yang berasal dari air terjun di dalam goa.

Konon di goa ini terdapat sebanyak 100 air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda.
Yang cukup terkenal adalah air terjun Superman’s Big Sister setinggi 32 m dan air terjun Jump Ullyses setinggi 8 m. Kata Jump Ullyses sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti “sang petualang cerdik”.

Goa ini cukup sulit dijelajahi, namun Anda bisa meminta bantuan pemandu. Sekaligus menyewa peralatan caving dengan biaya 180.000 rupiah per rombongan.

18). Bukit Hud Kebumen
Bukit Hud Kebumen
Instagram: @fathnan.id_

Bukit Hud mempunyai dua puncak utama yang bisa kita gunakan untuk melihat panorama laut dari atas. Ada di sisi selatan dan utara dengan jarak sekitar 100 meter antar puncaknya. Keduanya puncak tersebut memberikan view yang menawan, Apalagi terdapat sebuah spot yang kece banget untuk berfo-toria bersama pasangan aatau teman anda.

Lokasi Wisata Bukit Hud Kebumen jawa tengah

Untuk Lokasi Wisata Bukit Hud ini tepatnya berada di desa Karang bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Sekitar berjarak 25 km dari pusat Kabupaten Kebumen dan bisa di tempuh dengan waktu kira-kira 45 menit.

Jika anda dari arah timur Seperti Jogja, Kutoarjo dan Kebumen Timur, untuk menjangkau lokasi dan rute Wisata Bukit Hud. Anda bisa melalui Jalan Deandles kemudian ikut terus jalan tersebut sampai Anda menemukan papan penunjuk arah menuju Pantai Suwuk.

Untuk rute menuju Wisata Bukit Hud, ikuti jalan sampai Anda menemukan jembatan dan kemudian Anda akan menemukan pertigaan ambillah arah ke kiri, sampai pada Alun alun Karangbolong. Dari situ, lurus sedikit kemudian Anda akan menemukan pertigaan lagi, nanti ada papan petunjuk berwarna merah yang akan menjukukan anda menuju Wisata Bukit Hud.

Nah itulah daftar tempat liburan yang ada di kebumen jawa tengah yang bias anda kunjungi, sengaja tidak semua dicantumkan foto karena takut akan memberatkan Loading blog. Sekian semoga bermanfaat.

Kebumen Google Maps:

0 Response to "Daftar Tempat Liburan Seru Yang Patut Anda Kunjungi Saat di Kebumen Jawa Tengah"

Post a Comment

Berkomentarlah yang bijak dan sesuai dengan isi konten. Komentar dengan Link hidup/mati tidak akan disetujui.

(✔). Boleh berkomentar menggunakan bahasa jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel